Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Manfaat Terbaik dari Ginseng yang Perlu Diketahui 2021

areasehat.my.id - Ginseng merupakan salah satu tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat. Akar tanaman ini telah lama digunakan sebagai obat herbal dalam pengobatan tradisional. Ginseng memiliki sejumlah manfaat dalam menyembuhkan dan mencegah penyakit.


Berbagai Manfaat Ginseng

Biasanya, akar ginseng dikonsumsi dengan menambahkannya ke minuman seperti teh hitam.

Ada juga yang mencampurkan ginseng ke dalam makanan untuk meningkatkan rasa dan aroma.

Sebagai tanaman obat, ginseng dikatakan dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, mengatasi kelelahan, mempercepat pemulihan dan masih banyak lagi.

6 Manfaat Terbaik dari Ginseng yang Perlu Diketahui 2021


1. Membantu meningkatkan fungsi otak

Manfaat ginseng yang pertama adalah kemampuan berpikir, berperilaku dan meningkatkan kualitas hidup.

Sebuah studi tahun 2018 yang diterbitkan dalam jurnal Oncotarget pernah menguji efektivitas ginseng dalam mendukung kemampuan kognitif manusia.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa komponen ginseng berpotensi untuk mengobati gangguan kesehatan yang mempengaruhi daya ingat, seperti demensia dan penyakit Alzheimer.

Kandungan antioksidan dalam ginseng juga mampu mengurangi stres oksidatif akibat radikal bebas yang dapat mengganggu proses kerja otak.

2. Memiliki efek anti-inflamasi

Selain memiliki sifat antioksidan, ginseng juga memiliki efek anti inflamasi. Efek anti-inflamasi ginseng ini mungkin karena senyawa ginsenoside.

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Biomolecules, ginsenosides mungkin memiliki efek meningkatkan kekebalan.

Ketika sistem kekebalan tubuh bekerja secara optimal untuk melawan infeksi, itu dapat mengurangi peradangan.

3. Mengurangi stres

Ginseng dapat mempengaruhi sistem saraf tubuh dalam beberapa cara, misalnya dengan meningkatkan proses metabolisme, yang pada gilirannya meningkatkan pembakaran energi.

Selain itu, konsumsi ginseng dapat mengurangi stres dan kecemasan. Manfaat ginseng berasal dari kandungan senyawa adaptogenik yang dapat menurunkan kadar hormon stres.

Dengan kata lain, mengonsumsi ginseng dapat menurunkan kadar hormon stres dalam tubuh dan berkontribusi pada suasana hati yang lebih baik.

4. Membantu mengontrol diabetes

Ginseng sebenarnya bisa bermanfaat bagi penderita diabetes. Mengkonsumsi ginseng dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

Tanaman herbal ini dapat membantu mengatur penyerapan glukosa dalam tubuh.

Ini akan melindungi Anda dari lonjakan gula darah secara tiba-tiba yang dapat membuat Anda berisiko terkena diabetes.

Penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Chinese Medicine pada tahun 2005 menunjukkan bahwa ginseng (sejenis asal Amerika dan Asia), termasuk akar, buah-buahan, dan daunnya, memiliki potensi untuk mengobati diabetes.

Meski begitu, penelitian ini masih membutuhkan lebih banyak tes yang lebih besar untuk membuktikan manfaat ginseng pada diabetes.

Penting untuk diingat bahwa sebelum mengonsumsi ginseng, Anda harus menemui dokter terlebih dahulu.

Pasalnya, interaksi antara obat antidiabetes dengan bahan aktif dalam ginseng dapat memicu reaksi tertentu yang justru berbahaya bagi kesehatan.

5. Mencegah kanker

Ginseng mengandung antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dalam tubuh sehingga dapat mencegah pertumbuhan sel kanker.

Ginsenosides yang terdapat pada ginseng juga memiliki sifat anti tumor sehingga dapat mencegah berkembangnya sel kanker.

Salah satu jenis kanker yang dapat disembuhkan oleh ginseng adalah kanker usus besar.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi ginseng mengurangi tingkat penyebaran kanker usus besar.

6. Mencegah penuaan dini

Anda mungkin pernah melihat banyak produk kecantikan yang mengandung ginseng.

Ya, ginseng sendiri memiliki manfaat dalam mengurangi tanda-tanda penuaan dini. Ini berasal dari sifat antioksidan ginseng.

Antioksidan mampu mencegah efek negatif radikal bebas dalam tubuh yang dapat merusak sel-sel sehat.

Ginseng juga mampu merangsang aliran darah ke seluruh tubuh, terutama ke sel-sel kulit.

Dengan cara ini, ginseng membantu menjaga kulit tampak lebih muda dan lebih terhidrasi. Ini akan mengurangi tanda-tanda penuaan.


Apa yang harus dicari saat mengonsumsi ginseng?

Selain berbagai manfaat yang dimilikinya, ginseng juga memiliki efek samping. Ini karena ginseng mengandung bahan aktif yang sangat kuat.

Beberapa efek samping mengkonsumsi ginseng adalah sakit perut, sakit kepala, insomnia, dan reaksi alergi.

Oleh karena itu, Anda tidak boleh makan berlebihan dan sering mengonsumsi ginseng.

Jika Anda akan mengonsumsi suplemen makanan atau multivitamin yang mengandung ginseng, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.


Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai 6 Manfaat Terbaik dari Ginseng yang Perlu Diketahui 2021. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda semuanya dan terimakasih sudah berkunjung.

2 komentar untuk "6 Manfaat Terbaik dari Ginseng yang Perlu Diketahui 2021"

  1. Best Ways to make a bet on sports betting in Mississippi
    Best ways to make a 전주 출장안마 bet on sports betting in Mississippi. 울산광역 출장샵 The 인천광역 출장안마 easiest way to get 안동 출장샵 $100 in free bets is with a 동해 출장안마 deposit

    BalasHapus
  2. As such, you should to} always look for a cell pleasant playing operator. Mobile pleasant means that it has a full vary of slots and tables video games out there for all devices. It also means ought to use|you must use} a cell website or app to get bonuses, make safe payments, in contact with|and make contact with} the shopper support staff. It pays https://dnflzkwlsh.com/ to make an informed selection about the place to play and what necessities you could have} for one of the best online poker websites.

    BalasHapus